Al-Dinawari lahir pada tahun 820 Masehi di kota Dinawari, kota yang pernah hancur karena serangan bangsa Mongol. Beliau memiliki nama lengkap Ahmad bin Daud al-Dinawari atau Abu Hanifah.

Al-Dinawari terkenal sangat cerdas dan aktif pada masanya. Beliau belajar ilmu astronomi, matematika, dan mesin di Isfahan, Iran. Disamping itu, beliau juga belajar ilmu bahasa dan puisi di Kufa dan Basra, Irak.

Tak heran jika Al-Dinawari menjadi ahli di berbagai bidang seperti astronomi, ilmu hewan, sejarah, ilmu bumi, bahasa, dan etnografi (ilmu tentang kebudayaan suku-suku bangsa).

Beliau juga dikenal sebagai ahli tumbuh-tumbuhan.

Al-Dinawari menaruh minat yang besar pada dunia tumbuh-tumbuhan. Beliau banyak melakukan penelitian untuk mendalami tempat tumbuh-tumbuhan itu hidup dan iklim yang sesuai untuk pertumbuhan tumbuhan tersebut. Untuk mendukung penelitian, beliau menggunakan hadis dan syair-syair tentang tumbuhan. Al-Dinawari juga mencatat nama dan sebutan untuk tumbuhan dan buah.

Al-Dinawari telah banyak menulis karya di bidang ilmu pengetahuan. Karya-karya beliau di bidang ilmu murni, adalah sebagai berikut.

1. Kitab al-Jabar wa 'I-Muqabila (Buku Al-Jabar) .
2. Kitab al-Nabat (Buku Tumbuh-tumbuhan).
3. Kitab al-Kusuf (Buku tentang Gerhana Matahari).
4. Kitab Al-Radd ala Rasad al-Isfahani (Pertentangan tentang Observasi observasi Astronomi Isfahani).
5. Kitab al-Hisab (Buku tentang Kalkulus).
6. Bahth fi Hisab al-Hind (Analisa tentang Kalkulus India).
7. Kitab al-Jam wa'I-Tafriq (Buku tentang Aritmatika).
8. Kitab al-Qibla wa'I-Ziwal (Buku Orientasi Bintang-bintang).
9. Kitab al-Anwa (Buku tentang Cuaca).
10. Islah al-Mantiq (Perbaikan berdasarkan Logika).

Beliau juga menyusun banyak karya di bidang ilmu sosial dan sastra. Karya-karya itu adalah sebagai berikut.

1. Akhbar al-Tiwal (Sejarah Umum).
2. Kitab al-Kabir (Buku Sejarah Ilmu Pengetahuan).
3. Kitab al-Fisaha (Buku tentang Cara Berpidato).
4. Kitab al-Buldan (Buku tentang Geografi).
5. Kitab al-Shi'r wa'I-Shu'ara (Buku tentang Puisi).
6. Ansab al-Akrad (Keturunan Suku-Suku Kurdi).

Salah satu karya Al-Dinawari yang terkenal dalam ilmu tumbuh-tumbuhan adalah Kitab al-Nabat. Kitab ini membahas lebih dari sembilan ratus tiga puluh jenis tumbuh-tumbuhan. Diantaranya adalah bawang putih, delima, jagung, kacang, kelapa, pisang, sawi, dan wortel. Kitab ini memiliki keunikan karena adanya penyebutan nama tumbuh-tumbuhan yang berurutan berdasarkan abjad huruf Arab. Hal ini dimaksudkan untuk menerangkan berbagai jenis tumbuh-tumbuhan yang disebutkan oleh para penyair Arab.

Kitab al-Nabat ini juga berisi kumpulan lengkap jenis tumbuh-tumbuhan yang tidak hanya dari Arab saja, tetapi juga berasal dari negara-negara lain sesuai dengan iklim negara Arab. Al-Dinawari juga menyebutkan tentang kegunaan kayu arak dalam beberapa halaman Kitab al-Nabat. Yaitu sebagai alat untuk bersuci (gosok gigi) dan dapat dimanfaatkan sebagai obat berbagai penyakit.

Kitab al-Nabat tidak hanya berisi tentang tumbuh-tumbuhan. Dalam bab ketiga dan awal bab kelima diulas mengenai serangga. Al-Dinawari mengulas tentang belalang secara detail. Beliau juga membahas tentang lebah dengan memusatkan pengamatan pada jenis dan sifat lebah.

Sampai sekarang Kitab al-Nabat masih menjadi rujukan para ilmuwan Arab Muslim. Kitab ini merupakan ensiklopedi tumbuh-tumbuhan Arab kelas tinggi. Sayangnya Kitab al-Nabat hanya sedikit menyebutkan kegunaan tumbuh-tumbuhan untuk menyembuhkan penyakit.

Al-Dinawari juga memiliki ketertarikan yang besar pada astronomi. Beliau menekuni astronomi sejak pindah ke Isfahan pada tahun 850 Masehi. Di sana beliau banyak melakukan penelitian tentang astronomi berjudul Al-Anwa, Al-Qibla wa Al-Ziwal, Al-Kusuf, dan Zij Abu Hanifa.

Al-Dinawari meninggal di kota kecil di wilayah Hamadan, Irak pada tanggal 24 Juli 896 Masehi.

Hasil pemikiran dan penelitian beliau tentang tumbuh-tumbuhan memberikan sumbangan besar terhadap sejarah dan kebudayaan dunia. Selain itu, beliau juga menghasilkan karya-karya lain di bidang fikih dan tafsir Alqur'an berjumlah 13 jilid.


Sumber:
Ilmuwan Muslim
Pembuka Cakrawala Ilmu Pengetahuan Dunia
Al Dinawari
Penyusun Tim Pustaka Fathin
Penerbit PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Kita menilai diri sendiri dari apa yang kita rasa mampu kita perbuat, orang lain menilai kita dari apa yang telah kita perbuat.
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------